Mengambil Berkah Dari Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasallam ( Syaikh Masyhur Hasan Salman )


Mengenai mengambil berkah dari Nabi sholallahu’alayhi wa sallam ada dalilnya di beberapa kejadian. Dahulu para sahabat ridhwanullahi ‘alayhim mengambil berkah dari segala sesuatu yang berasal nabi sholallahu’alayhi wa sallam. Dalam kitab shahihayn disebutkan bahwa mereka mengambil berkah dari sisa wudhu beliau shoallahu’alayhi wa sallam, begitu juga dengan ludah beliau. Begitu juga terdapat hadits shohih yang menceritakan dari Zubair radhiallahu ‘anhu bahwa beliau meminum darah bekas bekam Nabi sholallahu’alayhi wa sallam. Begitu juga dengan bekas rambut beliau. Ummu sulaym misalnya, ada hadits shohih yang menceritakan bahwa ia menyimpan keringat beliau dan meletakkannya di sebuah wadah, di dalamnya ada wewangian dan beberapa helai dari rambut beliau sholallahu’alayhi wa sallam. Ketika seorang pencukur rambut mencukur rambut beliau sholallahu’alayhi wa sallam, Ummu sulaym mengambil beberapa helai dari rambut yang tercukur, begitu juga Anas bin malik. Bahkan Anas bin Malik membagikan sebagian rambut tersebut kepada para tabi’in yang belajar kepada beliau. Ibnu Siriin mengambil sehelai rambut rasulullah dan mewasiatkan agar rambut tersebut turut dikubur bersamanya.

Dengan demikian, mengambil berkah dari bagian tubuh atau benda-benda yang bekas beliau pakai ketika beliau hidup memang disyariatkan dan ada tuntunannya dari para sahabat seperti pada banyak kejadian.

Akan tetapi praktek mengambil berkah ini dikhususkan hanya untuk Rasulullah sholallahu ‘alayhi wa sallam. Tidak pernah ada berita autentik yang menceritakan bahwa seorang sahabat junior mengambil berkah dari Abu Bakar, atau dari Umar, ‘Utsman, atau ‘Aliy. Begitu juga tabi’in, tidak pernah ada berita yang menceritakan bahwa mereka mengambil berkah dari para sahabat. Memang pada diri seorang muslim ada berkahnya, dan berkah ini tergantung kualitas amalan-amalan sholeh yang ia kerjakan. Walaupun demikian tidak boleh mengambil berkah dari tubuh atau bagian tubuh, selain dari Nabi sholallahu’alayhi wa sallam. Permasalahan ini telah dijelaskan secara panjang lebar oleh Imam Asy Syathibiy di dalam kitab beliau yang bermanfaat yang berjudul Al I’tisham.

Sekarang jika beralih kemasalah teoritis, karena nabi sholallahu’alayhi wa sallam tidak ada bersama-sama kita dengan jasad beliau, dan kita juga tidak mengetahui secara meyakinkan 100 persen benda-benda mana saja yang bekas beliau gunakan. Jika demikian kita tidak bisa mengatakan bahwa sehelai rambut ini misalkan, adalah rambut beliau. Dan kita juga tidak bisa mengqiyaskan beliau sholallahu’alayhi wa sallam dengan person selain beliau, karena qiyas yang seperti ini adalah pengqiyasan dengan pembeda yang sangat besar. Jika demikian, maka perbuatan mengambil berkah yang dilakukan para murid-murid tasawwuf terhadap syaikh mereka dengan jalan mengambil bekas wudhu, dan mengusap-ngusapkan ke kulit mereka, semuanya adalah praktek bid’ah, Allah tidak pernah memberikan alasan untuk melakukan hal tersebut.

Suatu hari Salman Radhiallahu’anh pernah menulis surat kepada Abu Darda’ Radhiallahu’anh berisi “Mari kita berkunjung ke kota Quds”, Abu Darda’ membalas, “Sesungguhnya Bumi tidak akan bisa mensucikan seseorang, yang bisa mensucikan adalah amal perbuatan”. Jika demikian, hanya amalan sholihlah yang benar-benar akan mensucikan dan memberi keberkahan kepada manusia, sedangkan jasad person yang suci dan berkah, kemudian mengambil berkah darinya, hanyalah dikhususkan bagi rasulullah sholallahu’alayhi wa sallam saja. Selain beliau tidak boleh diambil berkah

Sumber :http://www.islamway.com/?iw_s=Fatawa&iw_a=view&fatwa_id=31120

Artikel http://www.direktori-islam.com/

===========

Teks Asli

السؤال:      هنالك من الناس من يأخذ بتبرك الصحابة برسول الله صلى الله عليه وسلم دليلاً على جواز التبرك بالعلماء، أو بما يسمى المشايخ، هل هذا حق أم باطل؟
المفتي:       مشهور بن حسن آل سلمان
الإجابة:
أما التبرك بالنبي صلى الله عليه وسلم فهذا ثابت في حوادث كثيرة، فقد كان الصحابة رضوان الله عليهم، يتبركون بكل ما انفصل عنه صلى الله عليه وسلم، وثبت في الصحيحين أنهم كانوا يتبركون بفضل وضوءه، وكانوا يتبركون بتفله، وصح عن الزبير رضي الله عنه، أنه شرب دم الحجامة منه، وكانوا يتبركون بشعره، فأم سليم ثبت عنها أنها كانت تأخذ من عرقه وتضعه في قارورة، فيها طيب وفيها شيء من شعره، ولما حلق الحجام شعره صلى الله عليه وسلم أخذت أم سليم خصلة منه، وأخذ أنس شيئاً منها، وأنس وزع على بعض طلبته شيئاً من شعره، صلى الله عليه وسلم وأخذ ابن سيرين شعرة منه وأوصى أن تدفن معه، فالتبرك بذاته وما انفصل عنه في حياته مشروع ثابت عن أصحابه رسول الله صلى الله عليه وسلم في حوادث كثيرة.لكن هذا التبرك خاص به صلى الله عليه وسلم فلم يؤثر أبداً أن صحابياً صغيراً تبرك بأبي بكر أو عمر أو عثمان أو علي. ولم يؤثر عن التبعين أنهم تبركوا بالصحابة، والمسلم له بركة، وبركته على قدر أعماله الصالحة، لكن لا يتبرك بذات غير ذات النبي صلى الله عليه وسلم وقد بين هذ بما لا مزيد عليه الإمام الشاطبي في كتابه النافع (الاعتصام).

وهذه المسألة الآن نظرية، لأن النبي صلى الله عليه وسلم غير موجود معنا بذاته ولا نعرف شيئاً بيقين انفصل عنه، فلا نستطيع أن نقول هذه الشعرة مثلاً، من شعره، ولا يجوز قياس غير النبي صلى الله عليه وسلم على النبي صلى الله عليه وسلم فهذا قياس مع الفارق الكبير، والتبرك الذي يفعلوه المريدون مع شيوخ الطرق اليوم فيتبركون بفضل وضوئهم ويتمسحون بهم، هذا تبرك بدعي ما أنزل الله به من سلطان.

وكتب سلمان إلى أبي الدرداء (هلم إلى الأرض المقدسة) فرد عليه بقوله: (إن الأرض لا تقدس أحداً، إنما يقدس الرجل عمله) فالعمل هو الذي يقدس ويبرك الإنسان أما ذات مقدسة مباركة يتبرك بها فهذه ليست إلا ذات رسول الله صلى الله عليه وسلم فقط وما عداه لا يتبرك به.

~ oleh Thifal Ramadhani pada Juni 3, 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: