Sujud Di Atas Selimut dan Kasur ???


تقول جدتي إنه لا يجوز السجود أثناء الصلاة على سطح أملس كالبطانية وأنه يجب أن يسجد المرء على سطح صلب. فهل هذا صحيح؟

Nenekku pernah berkata bahwa ketika shalat tidak boleh sujud di atas bantalan lunak seperti selimut. Seharusnya seseorang sujud di atas bantalan yang keras. Apakah hal ini benar?

——————————————————————-

Alhamdulillah,

dibolehkan sujud di atas bantalan yang lunak seperti selimut dan semisalnya, selagi orang yang shalat dapat meletakkan kening dan hidungnya ketika sujud dengan mantap. Yang dilarang adalah sujud di atas sesuatu yang empuk sekiranya wajah orang yang shalat akan  terbenam dan tidak dapat tetap.

Ibnu Al-Hammam berkata dalam kitab Fathul Qadir, 1/304,

يجوز السجود على الحشيش والتبن والقطن إن وجد

حجم الأرض ، وكذا الثلج الملبّد , فإن كان بحالٍ يغيب فيه وجهُه ولا يجد الحجم لا ”

” Dibolehkan sujud di atas rerumputan, tanah keras dan kapas selagi dia menempel di atas tanah. Begitu juga sujud di atas salju yang menempel di atas tanah. Namun jika kondisinya membuat wajah tenggelam dan tidak menempel ke tanah, maka hal itu tidak boleh “.

Ibnu Nujaim berkata dalam kitab Al-Bahru Ar-Ra’iq, 1/337 ;

والأصل كما أنه يجوز السجود على الأرض يجوز على ما هو بمعنى الأرض مما تجد جبهتُه حجمَه وتستقر عليه ، وتفسير وجدان الحجم أن الساجد لو بالغ لا يتسفّل رأسه أبلغ من ذلك

Landasannya adalah sebagaimana dibolehkan sujud di atas tanah, maka diperbolehkan pula sujud di atas sesuatu yang semakna dengan tanah, sekiranya keningnya dapat ditempelkan dengan mantap. Pemahaman menempel ke tanah adalah apabila orang yang bersujud kalau kepalanya ditekan (keras) tidak turun lebih dari itu.“

Kesimpulannya, tidak mengapa bersujud di atas hamparan seperti selimut atau yang empuk jika tempatnya tetap dan kokoh meskipun seseorang  menekan dengan keras di atasnya.

وقد سئل الشيخ ابن عثيمين رحمه الله عن حكم السجود على الاسفنج . فأجاب : ” إذا كان الاسفنج خفيفاً ينكبس عند السجود عليه فلا باس ”

“فتاوى ابن عثيمين” (13/184)

Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah ditanya tentang hukum sujud di atas spon, maka beliau menjawab: ”Kalau sponnya tipis, menempel (lekat) ketika sujud, maka (hal itu) tidak mengapa”. ( Fatawa Ibnu Utsaimin, 13/184.)

Wallahu a’alam

Sumber : http://www.islamqa.com/ ( Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid )

*****

Teks Lengkap Arabnya :

جواز السجود على البطانية والفرش

تقول جدتي إنه لا يجوز السجود أثناء الصلاة على سطح أملس كالبطانية وأنه يجب أن يسجد المرء على سطح صلب. فهل هذا صحيح؟

****

الحمد لله

يجوز السجود على سطح أملس ناعم كالبطانية وغيرها ، ما دام المصلي يستطيع أن يمكن جبهته وأنفه عند السجود . والممنوع هو السجود على شيء رخو يغوص فيه وجه المصلي ولا يستقر .

قال ابن الهمام في “فتح القدير” (1/304) : ” يجوز السجود على الحشيش والتبن والقطن إن وجد حجم الأرض ، وكذا الثلج الملبّد , فإن كان بحالٍ يغيب فيه وجهُه ولا يجد الحجم لا ” انتهى .

وقال ابن نجيم في “البحر الرائق” (1/337) : ” والأصل كما أنه يجوز السجود على الأرض يجوز على ما هو بمعنى الأرض مما تجد جبهتُه حجمَه وتستقر عليه ، وتفسير وجدان الحجم أن الساجد لو بالغ لا يتسفّل رأسه أبلغ من ذلك ” انتهى .

وعلى هذا فلا حرج من السجود على الفرش كالبطانية أو المرتبة ، إذا كانت تثبت وتستقر مهما بالغ الإنسان في الضغط عليها .

وقد سئل الشيخ ابن عثيمين رحمه الله عن حكم السجود على الاسفنج . فأجاب : ” إذا كان الاسفنج خفيفاً ينكبس عند السجود عليه فلا باس ”

“فتاوى ابن عثيمين” (13/184)

والله أعلم .

الإسلام سؤال وجواب

~ oleh Thifal Ramadhani pada Mei 22, 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: